Rabu, 14 November 2012

AKU INGIN PINDAH KE LAIN PULAU : "From Java to Kalimantan"


Negara Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau. Di antaranya ada 5 pulau besar, yaitu Pulau Kalimantan, Pulau Sumatera, Pulau Sulawesi, Pulau Irian Jaya, dan Pulau Jawa. Sedangkan pulau-pulau lain merupakan pulau-pulau kecil, bahkan banyak di antaranya yang merupakan pulau tak berpenghuni. Bahkan pulau terbesar di Indonesia, yaitu Pulau Kalimantan, hanya dihuni oleh sebagian kecil dari penduduk Indonesia. Sebagian besar penduduk Indonesia menempati Pulau Jawa. Hal ini disebabkan karena Pulau Jawa merupakan pusat segala kegiatan pemerintahan di Indonesia. Karena itu, Pulau Jawa menjadi sangat padat penduduknya dibandingkan dengan pulau yang lain.
Pemerintah sudah mencoba menggalakkan program transmigasi untuk penduduk Pulau Jawa agar berpindah ke lain pulau. Pulau utama yang dituju adalah Pulau Kalimantan. Selain karena Kalimantan merupakan pulau terbesar di Indonesia, Pulau Kalimantan juga masih sedikit dihuni oleh penduduk. Namun program pemerintah ini dirasa belum begitu efektif. Meskipun telah banyak keluarga yang melakukan program transmigasi, namun banyak pula rakyat Indonesia yang merantau ke Pulau Jawa untuk mengadu nasib karena di Pulau Jawa-lah semua kegiatan masyarakat berpusat. Meskipun tidak semua orang yang mengadu nasib ke Jawa berhasil, namun masih saja banyak orang yang bertekad untuk datang ke Pulau Jawa. Bahkan mereka semua kemudian beranak pinak di Pulau Jawa.
Melihat kasus tersebut, sepertinya akan sangat bijaksana bila masyarakat Jawa memiliki kesadaran diri untuk mentransmigasikan diri ke pulau lain. Sama seperti pilihan pemerintah, sepertinya Pulau Kalimantan merupakan pulau yang tepat. Dilihat dari letak geografis, Kalimantan dapat dikatakan bebas dari segala macam bencana alam yang sering terjadi di Jawa. Tentunya kita sering melihat di televisi tentang berbagai bencana alam yang sering menimpa Pulau Jawa seperti gempa bumi, badai, gunung meletus, tanah longsor, banjir bandang, bahkan tsunami. Mungkin sebagian dari kita pernah merasakan betapa hebatnya bencana itu bagi kita. Dengan berbagai bencana yang menimpa, Pulau jawa dirasa sudah tidak aman lagi.
Pemerintah pernah memiliki suatu ide untuk memindah ibukota Indonesia dari Jakarta ke Pontianak, Kalimantan. Hal itu justru malah memicu perdebatan di antara para pakar di Indonesia. Coba saja kita bayangkan, Pulau Jawa yang sebagai pusat pemerintahan saja sudah begitu padat. Bagaimana nanti jika Kalimantan berubah menjadi pusat pemerintahan? Mungkin pohon-pohon akan ditebangi sehingga hutan menjadi gundul. Tak hanya itu, Pulau Kalimantan yang juga berfungsi sebagai cagar alam hutan tropis dan suaka margasatwa bagi hewan langka akan kehilangan jati dirinya. Nantinya, Pulau Kalimantan akan menjadi sepadat Pulau Jawa. Maksud pemerintah pada awalnya hanyalah mengurangi permasalahan di Pulau Jawa yang terjadi akibat kepadatan penduduk. Namun bukannya mengurangi masalah, hal itu justru akan menimbulkan masalah baru. Nanti ketika Pulau Kalimantan sudah bertambah padat penduduknya, akan muncul masalah baru, kemudian ibukota Negara akan dipindah ke lain pulau lagi. Dan akan begitu seterusnya. Kemudian, apa yang harus kita lakukan?
Seperti yang telah disebutkan tadi, seharusnya masyarakat mulai memiliki kesadaran diri, bukan hanya mengikuti apa yang diinginkan pemerintah. Kita juga memiliki pilihan untuk menentukan dimana kita akan tinggal. Pilihan terbaik adalah bertransmigasi ke lain pulau. Dengan tersebarnya penduduk Indonesia ke semua pulau di Indonesia secara merata, mungkin tidak akan terjadi permasalahan kompleks seperti yang terjadi di Pulau Jawa seperti sekarang ini.
Rasanya Pulau Jawa seperti sudah sangat penuh dan hampir tak ada ruang untuk bernafas. Pulau Jawa sudah terlalu padat oleh penduduk dan sudah sangat penuh dengan berbagai permasalahan dan persoalan yang rumit. Mungkin akan lebih baik jika kita berpindah dari Pulau Jawa. Mungkin banyak orang berpendapat bahwa di Pulau Jawa segala kebutuhan dapat terpenuhi karena Pulau Jawa memiliki segalanya yang diinginkan oleh manusia. Namun tidak sepenuhnya pendapat itu benar. Pulau Jawa justru dapat menjadi sumber masalah bagi manusia. Begitu banyaknya masalah di Pulau Jawa, seakan membuat kita ingin segera pindah ke lain pulau untuk mendapatkan suasana baru dan memperoleh kedamaian. Sekali lagi, mungkin Pulau Kalimantan bisa menjadi solusi yang tepat.
Pulau Kalimantan merupakan pulau teraman di Indonesia. Jauh dari keramaian, jauh dari bencana, dan jauh dari masalah. Di Kalimantan, banyak lapaangan pekerjaan tersedia dan sangat mudah dalam memperoleh pekerjaan. Selain itu, di Pulau Kalimantan masih belum terlalu padat oleh penduduk. Karena itu tentunya di Pulau Kalimantan kita dapat hidup dengan tentram dan damai. Rasanya segala kepuasan lahir batin bisa kita dapatkan di Pulau Kalimantan dibandingkan dengan Pulau Jawa. Meski begitu, tentu ada rasa berat untuk meninggalkan Pulau Jawa sebagai tempat kelahiran kita. Namun walau bagaimanapun, keadaan Pulau Jawa yang sudah sangat kompleks mengharuskan kita untuk mengambil sebuah tindakan dan memutuskan pilihan apa yang harus kita ambil.
Pindah ke lain pulau bukan merupakan perkara mudah yang bisa kita lakukan hanya dalam waktu sekejap. Namun hal itu membutukhan proses yang membutuuhkan waktu lama. Namun bagaimana pun, keinginan kuat untuk meninggalkan Pulau Jawa dapat membuat proses itu seakan hanya sebentar.
Pulau Jawa semakin marak dengan pembangunan tiada henti. Mungkin pembangunan itu dimaksudkan untuk meningkatkan kemakmuran rakyat. Namun pada kenyataannya, hal itu justru menyebabkan Pulau Jawa tampak semakin penuh dan tidak ada ruang kosong. Daerah tepi pantai terancam tenggelam karena adanya pembangunan yang terus-menerus. Pulau Jawa pun menjadi semakin berbahaya untuk dihuni. Belum lagi masalah lumur lapindo yang semakin meluas dan sampai saat ini masih belum ditangani. Entah berapa lama lagiwaktu yang dibutuhkan untuk menunggu sampai Pulau Jawa benar-benar menjadi lautan.
Oleh karena itu, satu-satunya jalan yang terbaik yang harus ditempuh adalah dengan berpindah ke lain pulau. Masalah yang kian kompleks di Pulau Jawa menyebabkan kita harus segera mengambil tindakan untuk melepaskan diri dari masalah yang tak kunjung selesai. Belum lagi banyaknya bencana yang seakan mengintai nyawa manusia setiap waktu. Pilihan yang paling tepat adalah dengan bertransmigasi ke Pulau Kalimantan yang menawarkan kedamaian dan ketentraman. Juga akan menjamin keselamatan dari berbagai bencana alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar